Pages

Sabtu, 29 November 2014

Belajar Sampai ke Negeri Cina



Tuntutlah ilmu sekalipun sampai ke negeri cina, begitu petuah arab mengatakan. Berlaku buat siapa saja petuah ini?, hanya anak-anak yang masih usia sekolah atau siapa dan ilmu apa saja yang harus kita pelajari.

Menuntut ilmu itu wajib hukumnya bagi umat islam, itu bunyi sebuah hadist. Jadi menuntut ilmu itu diwajibkan bagi semua baik anak-anak, remaja, ibu-ibu dan semua orang.

Ilmu apa saja yang wajib kita pelajari?, yang utama adalah ilmu agama, bagaimana cara kita mengenal Tuhan, bagaimana kita dekat dengan Tuhan, bagaimana kita mengenal nabi kita, bagaimana mengenal aturan dan hukum Tuhan dan lain-lain.

Lalu ilmu apalagi setelah itu?, ilmu apapun sepanjang itu membawa manfaat buat diri kita dan masyarakat. Contoh buat ibu-ibu belajar memasak, menjahit, ilmu bisnis, teknologi internet, kalau dipelajari dengan sungguh-sungguh akan mendatangkan manfaat buat diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Banyak dari kita yang malu untuk belajar suatu ilmu, apalagi buat ibu atau bapak yang sudah tidak muda lagi, dan kebetulan yang mengajarkan ilmu itu usianya lebih muda daripada kita.

Misal, buat kita yang ilmu tajwidnya belum bisa sehingga dalam membaca Alqur'an tidak pas makhraj hurupnya, panjang pendek nya bacaan, tapi karena kita malu atau bahkan malas, akhirnya ilmu kita tentang cara membaca Alquran dengan baik dan benar tidak tidak maju-maju.

Berikut beberapa kegiatan belajar yang mendatangkan manfaat dan peluang usaha bahkan akan mendatangkan pundi-pundi uang buat keluarga :
  • Masak. Adalah kegiatan rutin ibu-ibu, kadangkala yang di masak ya itu-itu saja, coba kalo kita belajar memasak, mungkin pengetahuan dan skill memasak kita bertambah, tidak hanya memasak untuk keluarga kita bisa juga membuka usaha katering
  • Menjahit. Ini juga sebagian dari kegiatan ibu-ibu di rumah apabila ada baju yang sobek, kancing copot, resleting rusak, beberapa dari kita akan menyuruh tukang jahit, tapi coba kalau waktu luang ibu-ibu di gunakan untuk belajar menjahit, selain bisa untuk menjahit baju keluarga, bisa juga membuka usaha jahitan di rumah, yang nantinya kalau di tekuni bisa membuka usaha konveksi
  • Pastry, belajar membuat kue juga tentunya sangat menyenangkan, selain bisa menghemat uang jajan kita juga bisa membuat jajanan sehat buat anak-anak dan keluarga, bahkan bisa dikembangkan dengan membuka usaha toko kue di rumah
  • Internet, belajar bisnis online juga bisa menguntungkan, selain ibu-ibu dapat wawasan dan pengetahuan baru dari internet, ibu juga bisa berdagang secara online melalu internet.
Itu saja beberapa tips ilmu yang bisa dipelajari buat remaja wanita atau ibu-ibu, mungkin adalagi jenis kursus yang bisa dipelajari, silakan berikan komentar nya 

0 komentar:

Posting Komentar