Pages

Senin, 24 November 2014

Manfaat Sirih Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan

                                                                    Daun Sirih Merah

Daun sirih ada banyak macamnya, diantaranya daun sirih merah, daun sirih merah ini dahulu hanya di tanam di kalangan keraton, sirih merah hanya di jadikan sebagai tanaman hias saja karena bentuknya dan warnanya yang bagus, semburat merah berlapis perak, seiring dengan berkembangnya pengetahuan tentang pengobatan herbal, sirih merah ini mulai banyak di tanam di luar keraton, bahkan di budidayakan.



Sirih merah dengan nama latin Piper Crocatum ini termasuk tanaman  merambat.  Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid.Kandungan lain yang terdapat dalam sirih merah ini antara lain : minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allypyrokatekol, cyneole, cadinene, diastase, pati, terpenenna, seskuiterpena dan gula.



Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan diantaranya untuk :diabetes melitus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah stroke, keputihan, radang prostat, radang mata, maag, kelelahan, nyeri sendi. Sedangkan untuk kecantikan sirih merah dapat menghaluskan kulit jika di konsumsi secara rutin, menghilangkan bau badan, menghilangkan gatal-gatal di kulit, dan baik sekali di gunakan untuk kebersihan organ intim wanita.

Sumber gambar : tanamyuk.blogspot.com





2 komentar:

Anonim mengatakan...

Susah mencari sirih merah, yang hijau banyak.

Unknown mengatakan...

untuk daerah indramayu dan sekitarnya , bisa ke rumah saya, banyak, awalnya saya cuma punya 1 pohon , lalu saya kembangbiakkan dengan cara merunduk, batang yang sudah kuat yang dekat dengan tanah saya buat merunduk, lalu saya beri tanah, setelah dke luar akar sendiri baru saya potong., cari di tukang bunga pinggir jalan biasanya suka ada, harga kisaran 20rb - 35 rb

Posting Komentar